Puluhan Anak Lapas Tangerang Dibekali Pelatihan

Kota Tangerang – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten menyelenggarakan kegiatan bimbingan sosial dan keterampilan bagi Anak Berhadapan Hukum (ABH). Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Lapas Anak Laki – Laki Kota Tangerang, di Jalan TMP Taruna, Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Senin (16/04/2018).

Bimbingan tersebut diikuti sebanyak 40 Narapidana yang tergabung dari 20 tahanan Sekolah Dasar (SD), 10 tahanan Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 10 tahanan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Nurhana, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Banten menjelaskan, kegiatan hari ini bertujuan untuk melatih serta mengembalikan fungsi sosial.

“Makanya kami buat kegiatan seperti ini supaya mereka bisa bersosialisasi dengan masyarakat, yang nantinya bisa menjadi bekal untuk mereka setelah dari sini,” kata dia.

Dirinya menjelaskan, program ini memang sudah menjadi rutin setiap tahunnya, yang dibuat oleh dinas sosial Provinsi Banten.

“Tahun kemarin kita sudah lakukan kegiatan bimbingan ini. Dan alasan kami buat lagi kegiatan ini, karena respon dari kepala lapas, masyarakat, serta para napi juga sangat bagus dan antusias. Bahkan mereka menginginkan diadakan lagi kegiatan seperti ini. Dan dari itu sekarang kita buat lagi kegiatan ini di tempat yang sama lagi, yaitu disini juga,” terangnya.

Di tempat yang sama, Budi Darma, Kasi Jaminan Sosial Keluarga menghimbau kepada masyarakat untuk bisa menerima kehadiran mereka yang baru keluar dari penjara.

“Yah saya minta tolong jangan sampai masyarakat memberikan stigma negatif kepada mereka yang baru keluar. Beri kesempatan mereka jangan sampai mereka merasa seperti di buang lalu kembali lagi kejalan yang salah,” tukasnya. (Ahmad/Nji)

Baca Juga: