Ibu Hamil Diimbau Penuhi Kebutuhan Asam Folat

Depok-SuaraNusantara 

Ibu hamil (bumil) diimbau memenuhi asupun nutrisi gizi. Kedua hal ini penting, karena kesehatan yang prima serta gizi yang dikonsumsi ibu hamil, akan berpengaruh terhadap janin di kandungan.

“Nutrisi ini sangat penting selama hamil, karena baik untuk ibu dan janin agar kelak lahir anaknya sehat dan berkualitas,” ujar Patmawati, Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, usai memberikan penyuluhan kesehatan kandungan dan gizi, di Posyandu Kenari, Jalan KSU Raya, Sukmajaya.

Ditambahkannya, untuk bumil juga harus memperhatikan kebutuhan asam folat. Di mana untuk wanita dalam keadaan tidak hamil membutuhkan 0,4 miligram asam folat setiap hari. Sedangkan bagi bumil dosis asam folat harian yang dianjurkan meningkat menjadi 0,6-0,8 mg.

“Asam folat ini sebenarnya terdapat di dalam buah dan sayur yang kita konsumsi, seperti bayam. Namun, terkadang kurang mencukupi sehingga dibutuhkan tambahan tablet asam folat kembali,” ucapnya.

Asam folat juga dikenal sebagai folat, banyak ditemukan dalam sereal yang diperkaya, biji-bijian yang diperkaya, jus jeruk dan beberapa sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale. Studi telah membuktikan bahwa wanita yang mengkonsumsi 400 mikrogram (0,4 miligram) asam folat setiap hari, akan membantu mencegah bayi terkena cacat tabung syaraf yang serius.

Asam folat tidak hanya mencegah bayi Anda dari cacat tabung saraf yang serius, tetapi juga melindungi bayi Anda terhadap berbagai masalah lain, seperti  berat badan lahir rendah, pertumbuhan yang buruk dalam rahim, celah bibir dan langit-langit, serta kelahiran prematur maupun keguguran. (Eka)

Baca Juga: