Dinkes Kabupaten Tangerang Bentuk KP-ASI Desa Bonisari

Kabupaten Tangerang – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar sosialisasi tentang pentingnya Air Susu Ibu (ASI) bagi anak pada, Kamis (05/04/2018) di Desa Bonisari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang.

Kepala Seksie (Kasie) Gizi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Kusnadi menjelaskan kegiatan tersebut guna menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya manfaat pemberian Air ASI Eksklusif.

“Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pemberian ASI Ekslusif dari ibu untuk buah hatinya di Desa Bonisari,” kata dia.

Ia menambahkan, dalam kegiatan tersebut juga turut dibentuk Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI) tingkat Kecamatan.

“ASI kan perannya sangat banyak sekali, terutama buat kesehatan si bayi sendiri, kemudian ibunya juga tidak perlu harus membeli susu formula,” katanya.

Ia berharap setelah dibentuk KP-ASI disetiap Kecamatan, masyarakat dapat berkonsultasi dan meminta arahan kepada kader yang sudah dilatih oleh pihak Puskesmas, didampingi ahli gizi dan Bidan Desa setempat.

“Datang dan temui petugasnya, bila kita belum mengerti mengatasi perkembangan bayi, biar nanti mereka menjelaskan tentang asupan bertumbuhan bayi tersebut,” sarannya.

Sementara itu perwakilan Puskemas Pakuhaji, Rustoniah meminta kepada KP-ASI serta masyarakat agar mendukung adanya pergerakan program peduli ASI, agar bayi mulai 0 hingga 2 tahun diberi asupan ASI dan gizi.

“Kalau baru lahirkan bayi harus dikasih ASI Eklusive hingga umur 6 bulan, dan setelah itu boleh dicampur dengan makanan bayi lainnya, hingga usia 2 tahun meranjak dewasa,” jelasnya.

Disisi lain, Istri Kepala Desa (Kades) Bonisari, Ramsinah sangat mensupport program yang dicanangkan Dinkes Kabupaten Tangerang di desanya. Pasalnya, dengan adanya kegiatan ini warga bisa mengetahui baiknya ASI eklusif untuk bayi.

“Saya mencoba satu posyandu dulu, bila ini menjurus ke yang lain lebih baik lagi, maka akan dikembangkan ke lima Posyandu yang berada di Desa Bonisari, agar masyarakat kedepannya lebih baik lagi,” pungkasnya. (Igor/Nji)

Baca Juga: