Vaksinasi Rabies Gratis Digelar di Jakarta Selatan

Jakarta-SuaraNusantara

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan akan menggelar Pelaksanaan Vaksinasi Rabies Massal secara gratis, Sabtu (7/10/2017) hingga Minggu (8/10/2017).

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan, Wachyuni mengatakan kegiatan ini didasarkan pada Instruksi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Nomor 41 Tahun 2017 Tanggal 7 September 2017.

“Isinya itu tentang Vaksinasi serentak di wilayah Provinsi DKI Jakarta seraya memperingati Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day, yang jatuh pada 28 September 2017,” ujar Wachyuni, Jumat (6/10/2017).

Wachyuni memaparkan kegiatan vaksinasi ini akan dilakukan di beberapa titik yang telah ditentukan, di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Pada Sabtu (7/10/2017) vaksinasi akan digelar di Perumahan Bintaro Permai, Perumahan Bona Indah, dan Perumahan Karang Tengah Indah.

Sedangkan Minggu (8/10/2017), vaksinasi berada di Taman Anggrek Ragunan.

Wachyuni menargetkan ada sekitar 300 ekor HPR (Hewan Penular Rabies) baik anjing, kucing, kera dan musang yang akan menerima vaksin.

“Jadi target vaksinasi untuk Jakarta Selatan secara keseluruhan adalah 5.610 ekor, dan memasuki September 2017, sudah sampai 5.548 ekor atau sekitar 98,89 persen,” ujarnya.

Program ini hasil kerja sama dengan Social Pets Ragunan (SPR), Reptile and Mammal Pets Owner (RAPTOR), Owner Musang Jakarta (OMJ), serta Big Animal Clinic Pejaten Timur Pasar Minggu.

Wachyuni menjelaskan, rabies adalah salah satu penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang menular dari hewan ke manusia.

Penyakit ini termasuk salah satu penyakit berbahaya, lantaran dalam gejala klinisnya selalu diikuti dengan kematian baik pada hewan ataupun manusia, dan belum ada obatnya.

“Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dan juga para pemilik hewan baik anjing, kucing, kera dan musang, dapat terhindar dari rabies. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mempertahankan Jakarta Selatan, sebagai wilayah bebas rabies,” ujarnya.

Sumber: Tribunnews/Kompas

Baca Juga: