TKI di Luar Negeri Bisa Daftar Program BPJS Ketenagakerjaan di KBRI dan KJRI

Ilustrasi TKI (Foto: Net)

Jakarta – Suara Nusantara

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri yang ingin mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan, bisa menghubungi Atase Ketenagakerjaan atau Staf Teknis Ketenagakerjaan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) atau Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di negara mereka bekerja.

Demikian dijelaskan Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri,  Kementerian Ketenagakerjaan, Soes Hindharno.

“Kementerian Ketenagakerjaan telah menginstruksikan kepada Atase Ketenagakerjaan dan Staf Teknis Ketenagakerjaan di KBRI dan KJRI untuk memberikan penjelasan bagi TKI yang tertarik ikut BPJS Ketenagakerjaan,” kata Soes di Jakarta, beberapa saat lalu.

Sebelumnya, TKI mengikuti asuransi yang dikelola oleh Konsorsium Asuransi TKI. Usia premi selama dua tahun, disesuaikan dengan lama  kontrak kerja mereka di luar negeri. Sejak 1 Agustus 2017, pemerintah mengeluarkan peraturan baru yang mengharuskan asuransi TKI bertransformasi ke BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk mempermudah TKI mendaftarkan kepesertaan mereka, BPJS Ketenagakerjaan akan membuka perwakilan di negara-negara yang selama ini menjadi kantong penempatan TKI.

Soes Hindharno memperkirakan, banyak TKI yang tertarik mendaftarkan diri, apalagi banyak di antara para TKI itu yang sudah tidak lagi memiliki asuransi yang dikelola konsorsium, karena saat mereka memperpanjang kontrak kerja, mereka tidak memperpanjang asuransinya.

“Jangan sampai mereka yang tertarik, tidak mendapatkan informasi dan terfasilitasi dengan baik,” katanya.

Penulis: Yon K

 

Baca Juga: