SMK Negeri 1 Ulunoyo Ini Kondisinya Mirip Kandang Kambing

SMK Negeri 1 Ulunoyo Kecamatan Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan Sumatera Utara (Foto: Wilson Loi)

Nias Selatan-SuaraNusantara

SMK Negeri 1 Ulunoyo Kecamatan Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan Sumatera Utara sangat membutuhkan perhatian pemerintah maupun pihak manapun.

Gedung yang beratapkan daun rumbia, berdinding  anyaman bambu dan berlantai tanah ini sempat rusak karena diterpa angin kencang akibat cuaca buruk beberapa minggu terakhir.

“Sekolah ini (statusnya) sudah negeri dan didirikan pada tahun 2015 lalu. Siswanya sudah ada yang mau tamat tahun depan (2018),” ucap Plt. Kasek SMK Negeri 1 Ulunoyo, Metizaro Laia S.Pd, kepada SuaraNusantara, Selasa (5/12/2017).

Sementara salah seorang siswa menuturkan, proses kegiatan belajar mengajar sering terganggu, terutama bila turun hujan yang disertai angin kencang.

“Tidak nyaman sih kalau saat belajar, apalagi saat hujan lantainya becek dan kita pun basah karena atapnya bocor,” tutur Dorotea Laia, siswi kelas 2 jurusan Administrasi.

Darotea berharap pemerintah dapat membangun sekolahnya agar bisa mendapatkan ruang belajar yang nyaman seperti sekolah-sekolah yang ada di kota.

“Saya berharap ada perhatian dari pemerintah untuk bisa membangun sekolah kami agar bisa belajar dengan nyaman tanpa ada becek dan basah lagi saat belajar,” harapnya.

SMK Negeri 1 Ulunoyo memiliki  dua jurusan, yakni Administrasi dan Pertanian. Tercatat 118 siswa sedang menempuh pendidikan di sekolah ini. Selain itu ada 14 tenaga pendidik, yang terdiri dari 1 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 13 lainnya masih berstatus GTT (Guru Tidak Tetap).

Terdapat 6 kelas di sekolah ini. Setiap ruangan hanya difasilitasi kursi dan meja darurat yang nenancap pada tanah.

Penulis: Wilson Loi

 

Baca Juga: