Planet Ross 128b Berpotensi Dihuni Manusia

Planet Ross 128b (Foto: Net)

Jakarta-SuaraNusantara

Planet yang berpotensi dihuni manusia hanya berjarak 11 tahun cahaya dari Bumi. Para ilmuwan mengatakan, Ross 128b memiliki suhu permukaan yang hampir sama dengan Bumi.

Dari ribuan planet yang ditemukan di luar tata surya, hanya sekitar 50 yang memperlihatkan kondisi seperti di Bumi. Sekarang, ilmuwan menemukan satu planet lagi yang berpotensi bisa dihuni manusia. Keistimewaannya, planet ini relatif dekat untuk ukuran astronomi. Jaraknya hanya 11 tahun cahaya.

Sekelompok astronom Eropa dan Amerika Selatan mengumumkan penemuan planet itu hari Rabu (15/11). Mereka menyatakan, planet “jarak dekat” ini bisa dihuni manusia, dan menamakan planet itu Ross 128b.

Menurut European Southern Observatory (ESO), planet Ross 128b memiliki massa yang mirip dengan Bumi dan “suhu permukaannya bisa mirip seperti Bumi.” Ini berarti bahwa planet itu secara teoretis dapat mendukung adanya air, yang sangat diperlukan untuk kehidupan terestrial.

Suhu rata-rata diperkirakan antara -60 dan 20 derajat Celsius. Kini, peneliti harus mencari tahu apakah planet ini memiliki air, oksigen atau metana di atmosfernya.

Ross 128b dalam hitungan astronomis sangat dekat, sehingga memungkinkan pengamatan dari Bumi dengan teleskop mutakhir seperti E-ELT (European Extremely Large Telescope). Teleskop ini masih dalam konstruksi dan menurut rencana akan rampung tahun 2025, kata pemimpin proyek Xavier Bonfils kepada kantor berita Perancis AFP.

Ross 128b mengorbit dalam konstelasi bintang Virgo. Dari ribuan eksoplanet yang telah ditemukan ilmuwan, Ross 128b adalah satu dari hanya sekitar 50 planet yang mungkin bisa mendukung kehidupan.

Harian Inggris Guardian melaporkan, karena planet ini dua puluh kali lebih dekat ke matahari daripada Bumi, satu tahun di planet ini hanya berlangsung 9,9 hari. Tidak seperti matahari sistem tata surya kita, Ross 128b mengorbit bintang kerdil merah yang redup, sehingga memungkinkan berada jarak dekat tanpa planet ini terbakar sampai kering.

Ross 128b juga memiliki keuntungan dibandingkan dengan planet lain, Proxima Centuari b, yang juga disebut-sebut memiliki kondisi seperti bumi dan berjarak hanya 4,24 tahun cahaya dari Bumi. Tapi Proxima Centuari b mengorbit bintang yang jauh lebih aktif dan secara teratur terpapar ledakan bintang raksasa.

Penulis: DW

Baca Juga: