Peringati Hari Jadi ke-147, Umur Kabupaten Nias Lebih Tua dari Republik Indonesia

Bupati Nias bersama Yasona Laoly potong kue Hari Ulang Tahun (HUT) Nias ke-147, Senin (4/12/2017). Foto: Net

Nias-SuaraNusantara

Kabupaten Nias, Sumatera Utara, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-147, bertempat di Kompleks Dinas Pertanian, Jalan Maduma Hiliweto, Kecamatan Gido, Senin (4/12/2017) silam.

Untuk memeriahkan acara hari jadi kabupaten ini, Pemkab Nias sebelumnya juga menggelar Festival Pesona Bahari di Pantai Tagaule Onolimbu (Soziona) Kecamatan Bawolato, Jumat (1/12/2017).

Festival Pesona Bahari Nias Tahun 2017, menurut Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Nias, sekaligus langkah maju dan terobosan perdana dalam mempromosikan serta memperkenalkan objek wisata unggulan Kabupaten Nias di Kawasan Bahari Soziona.

Sementara dalam acara yang digelar Senin kemarin di Kompleks Dinas Pertanian, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli memimpin upacara peringatan HUT Kabupaten Nias ke-147. Sedangkan yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Camat Gido Jellysman Gea.

Upacara diawali dengan penyampaian sejarah Kabupaten Nias oleh tokoh masyarakat Silvester Lase dan dilanjutkan  pidato Bupati Nias yang menegaskan jika Kabupaten Nias sudah berumur 147 tahun.

“Sejarah mencatat, 147 tahun yang lalu tepatnya tanggal 4 Desember 1870, J.F.A de ROOIJ dikukuhkan sebagai kontroler pertama di wilayah Kepulauan Nias dengan Luitenant Der Chinezen bernama So Ghie. Peristiwa ini menjadi tonggak sejarah berdirinya pemerintahan di Kepulauan Nias yang dikenal dengan Kabupaten Nias dan menjadi cikal bakal terbentuknya empat kabupaten dan satu kota di Kepulauan Nias,” ujar Sokhiatulo Laoli.

Menurut Sokhiatulo, peringatan HUT Kabupaten Nias ke-147 di tahun 2017 ini merupakan perayaan yang pertama kali dilaksanakan pemerintah daerah bersama masyarakat, sehingga momen ini mengandung makna yang sangat mendalam dan patut diperingati dengan rasa suka cita.

Di tempat yang sama, Koordinator Forkada (Forum Kepala Daerah) se-Kepulauan Nias Lakhomizaro Zebua, mengungkapkan rasa bangganya bahwa usia Kabupaten Nias lebih tua dari usia negara Republik Indonesia.

“Di usianya yang cukup tua, Kabupaten Nias telah melahirkan 4 kabupaten dan 1 kota, maka dari itu selaku pimpinan Forkada atas nama masyarakat dari ke-empat kabupaten/kota, bertekad membangun Kepulauan Nias agar sejajar dengan daerah lain di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera,” ujar Lakhomizaro.

Tak lupa Lakhomizaro mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Nias untuk bersama-sama memperjuangkan satu cita-cita besar, yaitu memperjuangkan Kepulauan Nias menjadi provinsi.

Acara ini turut dihadiri oleh Menkumham RI Yasonna H. Laoly, Ketua Umum BPP-PKN (Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias) Mayjen (Purn) Christian Zebua, Anggota DPR RI dan Ketua Umum Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Marinus Gea.

Hadir pula perwakilan Gubernur Sumatera Utara, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian RI, Kepala daerah se-Kepulauan Nias, unsur Forkopimda Kabupaten Nias, para mantan Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Nias, Ketua DPRD se kepulauan Nias, tokoh masyarakat, adat dan agama, para kepala desa se-Kabupaten Nias, serta undangan lainnya.

Penulis: Cipto

Baca Juga: