MKD Pastikan Bakal Periksa Setnov Lagi

Setya Novanto usai diperiksa KPK. (Foto: Inet)

Jakarta-SuaraNusantara

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR, Sufmi Dasco Ahmad, yang baru saja menemui Ketua DPR Setya Novanto di gedung KPK, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (30/11/2017) mengatakan, pihaknya telah melakukan verifikasi dan pemeriksaan  terhadap Setya Novanto (Setnov) dengan beberapa pertanyaan.

Menurut Sufmi Dasco, MKD akan mengkonfirmasi terlebih dahulu jawaban yang disampaikan Setnov. Pihaknya akan kembali menyambangi KPK setelah proses konfirmasi kepada beberapa pihak selesai dilakukan.

“Hasil konfirmasi itu kemudian akan kita konfirmasikan lagi ke sini, sehingga ada pemeriksaan susulan,” ujar Sufmi Dasco, di lobi gedung KPK, Kamis (30/11/2017) siang.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, mengatakan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) bertemu Setya Novanto sekadar menanyakan kondisi, bukan untuk meminta Novanto mundur dari jabatan Ketua DPR. Hal itu dikatakan Fadli terkait beredarnya isu bahwa kedatangan MKD untuk meminta Setnov mundur dari jabatannya.

“(MKD) ini bekerja sesuai dengan aturan aja, aturan hukum aja. Kalau enggak, untuk apa kita membuat hukum dan undang-undang,” ujar  Fadli Zon kepada wartawan di Gedung Nusatara III, Senayan, Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Fadli meminta semua pihak yang berkaitan dengan penanganan kasus Novanto untuk bersikap profesional.

Setnov sendiri terlihat bungkam usai diperiksa oleh MKD DPR. Pengacara Setnov, Fredrick Yunandi beralasan kliennya bungkam karena kondisinya masih belum sehat.

Setnov datang ke gedung KPK pukul 09.20 WIB untuk diperiksa oleh hakim MKD.
Lalu dia keluar dari gedung KPK pada pukul 12.31 WIB dengan ekspresi wajah datar, sejumlah pernyataan dari awak media pun tidak ada yang dijawabnya sambil berlalu ke mobil tahanan.

Penulis: Yono D

 

Baca Juga: