Menkes Imbau Jajaran Kesehatan Dukung Penanggulangan Masalah Kesehatan Jiwa

Jakarta-SuaraNusantara

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila Moeloek mengimbau kepada seluruh jajaran kesehatan di Pusat dan Daerah agar mendukung penanggulangan masalah kesehatan jiwa, terutama di tempat kerja. Sebab, tempat kerja berpotensi menyebabkan seseorang menderita stress.

”Saya mengimbau agar seluruh jajaran kesehatan di Pusat dan Daerah mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan jiwa dan gangguan jiwa,” kata Menkes Nila Moeloek di Gedung Kemenkes, beberaaapa waktu lalu.

Data jumlah penderita sres di tempat kerja belum dipublikasikan. Namun, ungkap Menkes Nila, mencoba melihat bagaimana korelasinya antara stres dan hipertensi yang ada di Indonesia.
”Ternyata penderita hipertensi di Indonesia ini mencapai sekitar 25,8%. Data yang terkumpul di Pusdatin (Pusat Data dan Informasi) Kemenkes juga ternyata sekitar sampai 3 juta penderita pertahun,” tambah MenkesnNila.

Menurutnya, seperempat dari penduduk Indonesia ini menderita hipertensi. Barangkali itu pemicunya adalah stres, karena stres dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan salah satunya hipertensi.

Selain itu, Menkes Nila pun mengimbau agar seluruh jajaran kesehatan di Pusat dan Daerah meluangkan waktu untuk olah raga atau senam minimal seminggu sekali dan melakukan peregangan di tempat kerja selama 3 menit.

Selanjutnya, bagi karyawan/karyawati yang terdeteksi atau merasa menghadapi masalah kesehatan jiwa atau gangguan jiwa agar tidak ragu-ragu melakukan konsultasi. Sebab, gangguan mental dapat berdampak negatif pada kesehatan dan menghambat produktivitas kerja.

”Mudah-mudahan kinerja Kementerian Kesehatan beserta jajarannya baik di Pusat maupun Daerah tetap tinggi dan mudah-mudahan kita mendapatkan jalan keluar untuk mengurangi stres dalam kehidupan,” kata Menkes Nila.

Penulis: Askur

 

Baca Juga: