Mengenang Eddie Clarke, Gitaris Cadas yang Banting Setir Jadi Musisi Blues

Personil asli band cadas Motorhead, dari kiri ke kanan: Eddie, Lemmy, Phill (Foto: Istimewa)

Jakarta-SuaraNusantara

Gitaris asli band metal Motorhead, Eddie Clarke, meninggal dunia hari Rabu (10/1/2018) dalam usia 67 tahun setelah berjuang melawan penyakit pneumonia (paru-paru basah). Kabar duka itu disampaikan laman Facebook resmi Motorhead pada Kamis (11/1/2018) kemarin.

Dalam keterangan Facebook yang mengabarkan kematian Clarke, disampaikan bahwa dia meninggal di rumah sakit. Namun tidak disebutkan di rumah sakit mana gitaris yang diberi julukan ‘Fast Eddie’ itu dirawat sampai meninggal.

Edward Allan Clarke adalah nama asli Eddie Clarke. Rocker berkebangsaan Inggris yang kemudian lebih banyak bermain musik blues ini dilahirkan di Twickenham, London pada 5 Oktober 1950. Dia tercatat sebagai salah satu dari tiga personil asli band cadas Motorhead yang didirikan pada tahun 1975.

Dua personil asli lainnya adalah drummer Philip John Taylor alias Phil (21 September 1954 – 11 November 2015, meninggal karena gagal hati) dan vokalis Ian Fraser Kilmister alias Lemmy (24 December 1945 – 28 December 2015, meninggal karena kanker). Dengan wafatnya Eddie, maka tidak ada lagi personil asli Motorhead yang tersisa.

Eddie terlibat dalam album-album terkenal dari Motorhead, seperti Motörhead (1977), Bomber (1979), Overkill (1979), Ace of Spades (1980), dan No Sleep ’til Hammersmith (1981).  

Di tengah masa kejayaan Motorhead, Eddie memutuskan hengkang untuk membentuk band baru yang dinamakan Fastway. Berbeda dengan Motorhead, Fastway lebih condong ke musik blues. Bersama Fastway, Eddie merilis tujuh album dan melakukan tur bareng grup AC/DC.

Eddie juga mencoba bersolo karir memainkan musik blues,  album Make My Day, Back to Blues yang dirilis pada 2014 merupakan karya terakhirnya.

Penulis: Askur

Baca Juga: