Mendikbud Tetapkan Desa Bawomataluo Sebagai Cagar Budaya Nasional

Desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama Nias Selatan (Foto: Wilson Loi)

Nias Selatan-SuaraNusantara

Desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama Nias Selatan Sumatera Utara resmi ditetapkan sebagai Cagar Budaya Nasional (CBN) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Surat keputusan (SK) Mendikbud dengan Nomor 168/M/2017 tentang Kawasan Cagar Budaya Perkampungan Adat Jorong Padang Ranah dan Tanah Bato Nagari Sijunjung dan Kawasan Cagar Budaya Permukiman, Pemandian dan Pemakaman Tradisional Megalitik Bawömataluo sebagai Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional.

Kabar ditetapkannya Desa Bawomataluo  sebagai Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional dibenarkan oleh Plt. Kadis Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Anggraeni Dakhi.

“Kita sudah terima salinan itu pada hari Jumat, 18 Agustus 2017. Salinan SK dan Lampirannya tersebut dikirimkan oleh Sub Direktorat Registrasi Nasional, Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud,” tutur Anggraeni saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/8/2017).

Jelas Anggraeni, dengan ditetapkanya Desa Bawomataluo sebagai Cagar Budaya Nasional tentunya pelestarian desa tersebut akan dilindungi oleh undang-undang.

“Dengan ditetapkannya (Bawomataluo) sebagai Kawasan Cagar Budaya maka ada jaminan upaya hukum kelestariannya,” jelas Anggraeni Dakhi.

Upaya pengajuan Desa Bawomataluo dijadikan sebagai CBN sudah berlangsung sejak lama, berbagai penelitian telah dilakukan untuk menjadikan Desa Bawomataluo sebagai CBN.

“Sekitar tahun 2013 sudah dilakukan pengajuannya untuk dijadikan Cagar Budaya. Penelitian juga telah dilakukan beberapa waktu lalu dari Universitas Sukuba Jepang dan beberapa penelitian dari universitas lainnya,” jelas Anggraeni.

“Kita berharap dengan ditetapkanya Bawomataluo sebagai Cagar Budaya Nasional menjadi daya tarik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk berkunjung ke sana,” harap Anggraeni.

Penulis: Wilson Loi

 

Baca Juga: