KPK Segera Rilis OTT Wali Kota Tegal Siti Masitha

Siti Masitha Soeparno alias Bunda Siti alias Bunda Sitha (Foto: Twitter)

Jakarta-SuaraNusantara

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo membenarkan timnya melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Wali Kota Tegal, Siti Masitha Soeparno atau Bunda Siti alias Bunda Sitha‎, Selasa (29/8/2017).

Penangkapan Bunda Siti berlangsung di rumah dinas wali kota, kompleks Balai Kota, Jalan Ki Gede Sebayu, Kelurahan Mangkukusuman, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Menurut informasi, lima petugas KPK datang ke rumah dinas tersebut sekitar pukul 18.00 WIB untuk melakukan penangkapan. Saat ini, pintu ruang kerja di dalam rumah dinas itu terlihat disegel sedangkan seluruh pintu masuk sudah dikunci.

Dugaan sementara, penangkapan terkait kasus pembangunan fisik ruang ICU di RSUD Kardinah.

Rencananya, Rabu (30/8/2017) hari ini, KPK akan mengeluarkan rilis resmi terkait penangkapan Bunda Siti.

“OTT yang di Jateng akan ‎dirilis besok, karena penyidik kami perlu melakukan pemeriksaan 1 x 24 jam dulu untuk penentuan status hukumnya,” kata Agus dalam pesan singkatnya kepada awak media, Selasa (29/8/2017).

Bunda Siti lahir di Jakarta, 10 Januari 1964. Dia menjabat Wali Kota Tegal, Jawa sejak 23 Maret 2014. Perempuan yang pada Pilkada lalu berpasangan dengan Nur Sholeh (Kang Nur) dan disusung oleh Partai Golkar ini terkenal sebagai salah satu wali kota berparas ayu. Penampilannya terlihat segar meski usianya sudah 53 tahun.

Sebelum menjadi Wali Kota Tegal, Bunda Siti lebih banyak aktif di bidang sosial, seperti pengobatan gratis, keluarga sejahtera dan peduli penderita HIV/AIDS. Semasa mudanya dia sempat menjadi foto model dan meraih beberapa prestasi, antara lain Juara Kepribadian ‘Wajah Femina” yang digelar oleh majalah Femina  (1987),  Juara ke-2 “Puteri Ayu” yang diselenggarakan Yayasan Martha Tilaar.

Semasa sekolah, ibu 4 anak ini juga terbilang cerdas. Tahun 1983, dia meraih predikat Bintang Pelajar Kelulusan SMA di Sekolah Indonesia Netherlands (SIN). Setelah itu dia menempuh pendidikan di Steigenberger Hotelfachschule (1983 -1984) Bad Reichenhall, Muenchen – Deutschland. Kemudian berlanjut di School of Hotel Administration, Cornell University Ithaca New York – USA (1986).

Penangkapan Bunda Siti terasa menjadi sebuah ironi bagi masyarakat Kota Tegal, karena Wali Kota Tegal periode sebelumnya, Ikmal Jaya, juga ditangkap KPK karena korupsi pelaksanaan tukar guling (ruilslag) tanah.

Penulis: Yon K

Baca Juga: