Aher Akui Jalan Tol Soroja Jadi Urat Nadi Baru Bagi Warga Bandung Raya

Presiden Jokowi meresmikan jalan Tol Soreang-Pasir Koja (Tol Soroja) Senin (4/12) siang. (Foto: IST)

Bandung-SuaraNusantara

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) mengakui kehadiran ruas jalan tol Soroja yang diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Jokowi, Senin (4/12/2017), telah menjadi urat nadi baru bagi masyarakat Bandung raya.

“Selama bertahun-tahun masyarakat menghadapi kemacetan yang luar biasa setiap harinya, namun sekarang hadirnya tol ini tidak akan ada lagi,” kata Aher usai peresmian.

Di samping itu, lanjut Aher, tol Soroja memudahkan akses menuju kawasan olahraga terpadu Si Jalak Harupat yang saat ini telah memiliki fasilitas olahraga bertaraf internasional yang sempat juga digunakan perhelatan PON ke 19 Jabar tahun lalu.

“Ini akan membuka peluang lebih besar lagi diselenggarakannya event olahraga bertaraf nasional dan internasional disini,” ucapnya.

Arti penting lainnya, beroperasinya tol Soroja akan meningkatkan aksesbilitas menuju berbagai destinasi wisata atraktif di wilayah Bandung selatan seperti kawasan Ciwidey, Kawah Putih, perkebunan teh Rancabali dan kawasan wisata Rancaupas serta di kawasan Pangalengan dengan pusat destinasinya Situ Cileunca. Bahkan dapat diteruskan menuju Rancabuaya dan wilayah Jabar Selatan yang sangat potensial.

“Tol Soroja ini benar-benar berdampak sosial ekonomi yang signifikan bagi masyarakat Bandung Raya yang merupakan konsentrasi terbesar domisi penduduk Jabar,” ujar Aher.

Berbagai tantangan dihadapi dalam pembangunan tol Soroja sejak tahun 2012 lalu, namun baru dapat dimulai pelaksanaan pembangunannya pada Bulan Oktober 2015. Keterlambatan pembangunan ruas jalan tol ini menurut Aher disebabkan berbagai faktor, seperti pembebasan lahan di beberapa lokasi yang sangat alot, pengadaan material yang terkendala izin lokasi, faktor cuaca dan hal lainnya.

“Namun demikian tantangan tersebut dapat diatasi berkat kerja keras dan komitmen kuat multipihak,” tutup Aher.

Kontributor: Dedah

Baca Juga: