9 Destinasi Wisata Unggulan Nias Selatan Yang Wajib di Kunjungi

Sejumlah Wisatawan Mancanegara Menyaksikan Lompat Batu atau “Hombo Batu” di Desa Bawomataluo. Foto Wilson Loi

Nias Selatan-SuaraNusantara

Berbicara Pariwisata, Kabupaten Nias Selatan dikenal sebagai Kabupaten yang kaya akan objek wisata, baik wisata bahari maupun wisata budaya ada di Daerah itu. Kabupaten Nias Selatan merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara memiliki satu-satunya Lompat Batu yang sudah dikenal dari zaman ke zaman.

Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) menetapkan 9 Destinasi Wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Ke 9 Destinasi tersebut diantaranya

  1. Desa Bawomataluo, merupakan Desa adat yang terletak didaerah perbukitan yang berjarak kurang lebih 12 KM dari Kota Telukdalam. Keunikan Desa ini memiliki 88 anak tangga yang harus dilalui untuk mesuk ke Desa ini. Selain itu Desa ini juga memiliki Rumah ada besar yang dikenal “Omo Sebua” dan sederet rumah adat lainya yang tersusun rapi yang sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu. Keunikan lain dari Desa ini memiliki atraksi tari perang yang sering dipertunjukkan disaat-saat ada tamu besar. Tak kala juga salah satu yang sudah tersohor yaitu “Lompat Batu” atau “Hombo Batu”.

Di Desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama ini, selain Desa Budaya juga memiliki objek wisata lain yang dapat dikunjungi yakni “Namö Sifelendua” yang dikenal “12 Telaga” yang terletak tidak jauh dari Perkampungan warga. Anda akan merasakan suasana alam sejuk dan gemercik air disana. Disebut “Namö Sifelendua” atau 12 Telaga karena terdapat 12 telaga di sungai tersebut.

  1. Pantai Lagundri, terletak di Desa Lagundri Kecamatan Luahagundre sekitar 12 KM dari Kota Telukdalam. Pantai ini memiliki Pasir Putih yang terbentang luas dan hangatnya sinar matahari yang menawarkan kenikmatan tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung disana. Selain keindahan pasir, pantai ini juga memiliki gulungan ombak yang tidak terlalu besar sehingga menjadi pilihan yang sangat tepat bagi para wisatawan terutama pemula yang ingin belajar berselancar. Tidak hanya wisatawan Domestik, wisatawan mancanegarapun juga sering berkunjung.
  1. Pantai Sorake, mungkin pantai yang saru ini sudah tak asing lagi. Karena Pantai Sorake ini sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu lokasi selancar terbaik di dunia. Selain gulungan ombak dan selancar, dipantai ini juga kita dapat menikmati keindahan panorama Sunset dipagi hari. Ditempat ini juga tersedia menu makanan yang dapat kita nikmati seperti seafood dan westernfood.
  1. Pantai Rockstar, salah satu pantai yang terletak di Desa Hilisatarö Kecamatan Toma sekitar 13 KM dari Kota Telukdalam menuju Gunungsitoli. Pantai ini menawarkan gulungan ombak yang besar dan menantang terutama bagi peselancar. Di pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan asing dan domestik karena gulungan kecepatan ombak yang dimiliki.
  1. Pantai Ladeha, adalah merupakan salah satu pantai yang terletak di Desa Lolomoyo Kecamatan Amandraya. Pantai eksotis ini menawarkan panorama yang indah dan pemandangan kolam alamiah  yang dikelilingi batu-batu besar yang menjadi daya tarik pantai tersebut. Selain itu kita dapat menikmati keindahan matahati terbenam dari bibir pantai. Dipantai ini juga menawarkan spot foto yang indah dan unik.
  1. Kampung Tua Boronadu, kampung ini diyakini merupakan kampung tertua dan merupakan tempat asal-usul orang Nias. Kampung ini menjadi saksi bahwa suku Nias memiliki sejarah kemegahan pada masa lampau. Dikampung ini ditemukanya batu-batu megalit yang diperkirakan berumur 2500-5000 tahun silam yang merupakan peninggalan-peninggalan kebudayaan purbakala oleh para nenek moyang Suku Nias. Kapung Boronadu sudah dikenal para wisatawan, para budayawan, arkeolog nasional dan internasional.
  1. Situs Megalit Tetegewo, yang berada Desa Tetegewo Kecamatan Sidua Ori. Situs ini merupakan salah satu bukti bahwa Pulau Nias merupakan rumah dari peradaban Megalitikum yang masih hidup. Deretan batu megalith berbentuk tugu, bundar dan persegi peninggalan leluhur Suku Nias. Dikecamatan Sidua Ori ini selain batu megalith, juga terdapat air terjun yang disebut “Air Terjun Mondrowe” terletak di Desa Mondrowe dengan ketinggian sekitar 25 meter dengan lebar 20 meter.
  1. Pantai Moale, adalah salah satu pantai tercantik di Nias Selatan yang terletak di Kecamatan O’ou perbatasan Kecamatan Amandraya. Pantai Moale dengan garis pantai yang lurus dan panjang terbentang luas dengan hamparan pasir yang putih dan bersih. Dari kejauhan kita sudah dapat tempat melihat keindahan yang dipancarkan oleh pantai ini.
  1. Kepulauan Batu, disebut juga sebagai surga yang tersembunyi. Keindahan alamnya membuat wisatawan manca negara kerap kali mengunjungi tempat ini. Kepulaun batu yang terdiri beberapa pulau ini memiliki ragam objek wisata yang dapat dinikmati seperti Surfing, Diving, Fishing ataupun hanya sekedar menikmati hamparan pasir putih dipesisir pantainya. Untik berkunjung kesana dapat melalui Bandara Lasondre ataupun lewat Kota Telukdalam dengan menggunakan Kapal penumpang. Sejuta pesona dapat kita rasakan disana.

Selain ke 9 Destinasi wisata utama tersebut diatas masih banyak objek wisata lainya yang dapat dikunjungi yang ada di Kabupaten Nias Selatan. Hal tersebut disampaikan Plt Kadis Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Nias Selatan Anggraeni Dakhi saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (12/04/2017)

“Sebenarnya bukan hanya itu saja objek wisata yang ada sesuai brosur yang telah kita buat, masih banyak lagi objek wisata lainya”. Kata Anggraeni

Ke 9 Destinasi tersebut ditentukan berdasarkan jumlah pengunjung yang datang ke tempat objek wisata tersebut.

“Memang ada banyak objek wisata baru yang bagus dan ini kan masih tahap awal, tentunya nanti kita akan buatkan lagi (brosurnya)”. Tambahnya

Dari sejumlah Destinasi diatas tentunya para Traveller akan berasa tidak lengkap tidak mengunjungi Objek Wisata tersebut di atas

Penulis : Wilson Loi

Baca Juga: