Polres Nias Selatan Gelar Sispam Pilkada 2018

Foto: Wilson Loi

Nias Selatan-SuaraNusantara

Polres Nias Selatan  menggelar simulasi pengamanan (Sispam) dalam rangka persiapan Pilkada serentak 2018 terutama pada pemilihan Guberbur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara pada tanggal 27 Juni 2018 Mendatang. Kegiatan ini berlangsung di halaman Mapolres Nias Selatan, Selasa (13/02/2018).

Beberapa Item simulasi Sispam di antaranya simulasi tentang sistem pengendalian situasi sekaligus pengamanan saat terjadi kericuhan massa Pasangan Calon Gubernur Sumut  saat kampanye terbuka, kericuhan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Penyanderaan Ketua KPU Nias Selatan, saat pengumuman pemenang Pilgubsu yang berakhir anarkis.

Kapolres Nisel, AKBP Faisal Florentinus Napitupulu, SIK MH dalam arahannya mengatakan, persiapan simulasi ini dilakukan hanya  dalam kurun waktu  2 hari.

“Tujuannya adalah kita mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Tadi sudah tergambar, dari masalah-masalah kecil hingga masalah-masalah besar. Meskipun masih ada kekurangan dalam pelaksanaan simulasi ini, namun dari 8 item kegiatan simulasi tersebut, 7 item dapat terlaksana,” ucap Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal Florentinus Napitapuli kepada media.

Faisal Napitapulu kondisi geografis yang jauh dan jaringan komunikasi yang kurang memadai. “Untuk kerawanan konflik ini terutama faktor geografis, karena di daerah-daerah sisi banyak pelosok yang medanya itu perbukutan (melewati lembah, sungai gunung, hutan dan persawahan),” keluhnya.

Faisal mengharapkan dukungan penuh dari stakeholder di Nias Selatan untuk mendukung pihak Polres dalam menciptakan suasana yang aman dan kondusif di tengah-tengah masyarakat Nias Selatan baik pada masa tahapan Pilkada berlangsung maupun saat usai masa tahapan Pilkada.

Pada pengamanan Pilkada nantinya terut dilibatkan juga Unsur TNI, terutama dalam pengamanan Pemilihan Gubsu mendatang.

Simulasi Sispam dipandu langsung oleh Kabag Operasi (Kabag Ops) Polres Nias Selatan Kompol Marthin Luther Dachi, S.Sos, dibantu sejumlah Kasat dan perwira lainnya.

Acara simulasi ini turut hadir sejumlah perwakilan dari unsur Forkopimda Nias Selatan, Waka Polres Kompol Rakhman A. Purba, SPd, para Kabag, Kasat, Perwira, Kadis Perhubungan Nisel, Drs. Fa’atulo Gulo, Ketua KPU Nias Selatan, Alfian Jeni Dakhi, Ketua Panwaslu Kabupaten Nias Selatan Seksama Sarumaha, SPd. sedangkan peserta simulasi berasal  dari Personil  Nisel sendiri dari berbagai satuan.

Penulis: Wilson Loi

 

 

Baca Juga: