Pagelaran Budaya dan Hiburan Rakyat Digelar di Desa Hilisatarö

Sebagian tokoh masyarakat, militer  dan pemerintahan yang hadir dalam pagelaran budaya di Desa Hilisataro (Foto: Dinas Kominfo Nias Selatan)

Nias Selatan-SuaraNusantara

Direktorat Kemitraan pada Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyelenggarakan Pagelaran Budaya dan Hiburan Rakyat di Desa Hilisataro Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (2/12/2017) kemarin.

Menurut Penyabar Nakhe selaku Ketua Panitia Pelaksana, kegiatan ini merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dalam pengetahuan tentang informasi budaya lokal.

“Iya, ini merupakan program Kemen Kominfo RI untuk mengetahui informasi budaya lokal yang bukan hanya memberi tontonan, tapi memberi tuntunan kepada generasi muda untuk mengenal dan menerapkan budaya leluhur sehingga mampu menyaring budaya asing yang tidak sesuai budaya lokal,” kata Penyabar Nakhe kepada SuaraNusantara, Selasa (5/12/2017).

Lebih lanjut, Penyabar Nakhe mengatakan, kegiatan ini akan terus berkelanjutan agar dapat mengembangkan potensi-potensi budaya lokal yang ada.

“Kegiatan ini akan terus berkelanjutan. Kita berharap Pemuda Toma terus berbenah untuk menggali budaya leluhur dan berlatih. Pemuda Toma senantiasa menjaga tata krama, terbuka dan menjaga situasi yang kondusif/kenyamanan Toma sekitarnya,” terang Nakhe.

“Ini masih belajar dulu, Toma menjadi fokus untuk dibenahi potensinya, makanya kita upayakan pejabat pusat berkenan hadir melihat langsung sebagai bahan pertimbangan untuk kegiatan berkelanjutan,” tambahnya.

Staf Ahli Bidang Hukum Prof. Dr. Henry Subianto yang mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika RI dalam sambutannya menegaskan bahwa pagelaran budaya bukan hanya sekedar pertunjukan tetapi sekaligus merupakan tuntunan, karena ada hal penting yang dikomunikasikan lewat penampilan budaya.

Ketua DPP Himpunan Masyarakat Nias Indonesia/HIMNI Marinus Gea (Foto: Dinas Kominfo Nias Selatan)

Sementara itu, Ketua DPP HIMNI Marinus Gea yang juga Anggota DPR RI menyampaikan kegiatan ini penting untuk melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat Nias.

“Kitalah subyek utama dalam membangun Pulau Nias ini. Kita berharap bahwa kegiatan ini bisa secara kontinu dilaksanakan,” kata Marinus Gea.

Adapun kegiatan yang telah ditampilkan di antaranya Orahu, Tari Maena, Tari Moyo, Silat, Vocal Group, dll.

Pagelaran Budaya ini turut dihadiri Bupati Nias Selatan, Ketua dan Anggota DPRD Nias Selatan, unsur Forkompinda Nias Selatan, para Kepala Desa se-Kec. Toma, tokoh masyarakat,  tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan masyarakat Desa Hilisataro.

Penulis: Wilson Loi

 

 

 

Baca Juga: