Beratapkan dan Berdinding Daun Rumbia, SMA Negeri 3 Lahusa Nisel Butuh Perhatian

SMA Negeri 3 Lahusa Kecamatan Lahusa Kabupaten Nias Selatan Sumatera Utara (Foto-foto: Wilson Loi)

Nias Selatan-SuaraNusantara

Dari sekian sekolah di wilayah Kabupaten Nias Selatan sangat memerlukan perhatian, salah satunya adalah SMA Negeri 3 Lahusa Kecamatan Lahusa Kabupaten Nias Selatan Sumatera Utara.

Sekolah yang berlokasi di Desa Lahusa I (Satu) ini memiliki 3 buah gedung belajar yang terbuat dari daun rumbian dan batang bambu. 3 ruangan tersebut beratapkan daun rumbian begitu juga dengan dinding-dindingnya terbuat dari daun rumbian. Sementara tiang penyangga atau pondasi bangunan terbuat dari bambu dan batang pohon pinang.

SMA Negeri 3 Lahusa ini telah berdiri sejak 2015 lalu dengan jumlah siswa 60 orang siswa, 1 ruangan kelas satu dan 2 ruangan kelas dua (IPA dan IPS). Dan 16 orang tenaga pengajar yang masih berstatus Guru Tidak Tetap (GTT) dan hanya Kepala Sekolah yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menurut Arlianus Hulu salah seorang guru mata pelajaran di SMA Negeri 3 Lahusa mengungkapkan sejak didirikannya sekolah tersebut belum ada pembangunan.

“Sejak berdiri pada tahun 2015 sekolah ini masih belum ada pembangunannya. Gedung yang sekarang ini masih swadaya guru dan Kepala Sekolah”. Ungkap Hulu kepada SuaraNusantara, Selasa (03/10/2017)

Lebih lanjut Arlianus Hulu menyampaikan selain ketiga ruangan yang ada, ruangan untuk guru-guru dan Kepala Sekolah tidak ada. Sekolah itu telah terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Yang kewalahannya kami pada saat penerimaan siswa pada tahun ajaran baru ini, mau ditaruh kemana mereka nantinya. Karena selain ketiga ruangan darurat yang ada saat ini ruangan guru dan Kasek pun tak ada disini. Sekolah ini juga sudah terdaftar pada Dapodik”. Tutur Arlianus Hulu.

Selain itu Mona Hulu salah seorang siswa mengatakan, selain kondisi gedung yang sekarang ini. Saat hujan deras lokasi dan ruangan sekolah di dipenuhi banjir.

“Memang kurang nyaman sih belajarnya, tapi yah mau gimana lagi. Lagian kalau hujan juga ini sering banjir”. Kata Mona Hulu

Baik Arlianus Hulu maupun Mona Hulu berharap Pemerintah dapat memperhatikan sekolahnya dan minimal memiliki gedung yang layak sebagai tempat belajar.

Penulis: Wilson Loi

Baca Juga: